iklan

Berbagi Ilmu...!!! Tata Cara Sholat Prajurit TNI di Medan Perang. LIHAT VIDEO NYA !!

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280

Menjalankan tugas menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan bagi setiap prajurit TNI. Alhasil, berbagai medan harus dihadapi, meski tak jarang nyawa menjadi taruhannya.

Di tengah peliknya penugasan, namun masih ada personel yang tidak melupakan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan. Mereka tetap berusaha menjalankan kewajibannya untuk beribadah, bahkan di tengah pertempuran sekalipun.

Kewajiban untuk menyembah Tuhan juga dilakukan personel-personel lainnya di tengah penugasan. Salah satunya saat seorang TNI Angkatan Udara melaksanakan salat zuhur di atas pesawat Hercules C-130 dalam pencarian AirAsia.

Berbagai latihan berat dijalani personel Korps Pasukan Katak (Kopaska) untuk menjadi salah satu pasukan elite di TNI Angkatan Laut. Mereka dilatih untuk tugas-tugas yang sangat berat.

Menjadi anggota Kopaska bukan buat sembarang orang. Digilas 10 hingga 12 bulan dalam latihan sangat berat. Melalui gunung, hutan, rawa dan laut. Diawali dengan hell week alias minggu neraka, lalu dilanjut dengan aneka pendidikan tempur lainnya yang menguras fisik dan mental.

Namun ada hal lain yang membuat salut. Dalam sebuah foto rangkaian latihan Kopaska, terselip sebuah foto yang menggambarkan para siswa pasukan katak ini tengah salat berjamaah. Ada belasan prajurit yang melaksanakan salat dengan khusyuk.

Mereka melepaskan helm baja, kemeja, sabuk dan seluruh perlengkapan tempur. Termasuk senapan AK-47 yang selama pendidikan digenggam bagai pengganti istri. Semuanya disusun rapi dan diletakan di sebelah saf tempat salat.

Pembentukan moral merupakan sebuah hal penting bagi anggota pasukan khusus. Dalam 12 ciri personel pasukan khusus hal pertama yang diwajibkan adalah bermoral, intelijen, motivasi tinggi, dan dapat dipercaya.


Sebuah foto lain di tengah proses pencarian yang sempat menjadi perbincangan publik salah satunya seperti bidikan kamera milik jurnalis asing. Salah seorang pilot menyempatkan diri untuk berdoa di depan moncong pesawatnya sebelum melaksanakan tugas ke medan yang lebih berat.

Foto tersebut mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo. Dia pun meminta agar semua pihak mendoakan proses evakuasi yang kini sedang berlangsung.

“Seorang pilot tim SAR berdoa untuk kelancaran proses pencarian pesawat, kita bergerak bersama. Seluruh rakyat saling mendoakan, agar proses evakuasi pesawat Air Asia QZ8501 berlangsung lancar. Untuk keluarga korban, kalian tidak sendiri… karena seluruh bangsa Indonesia bersama kalian untuk saling menguatkan,” tulis Jokowi dalam akun Facebooknya.


Sebuah video beberapa tentara sedang melaksanakan salat di dalam hutan menjadi viral di laman Facebook.
Video yang diterbitkan Locked Gomandr yang berasal dari Buldon, Maguindanao, Filipina, itu telah ditonton oleh 1,1 juta orang lebih.

Dalam video tersebut juga memuat tulisan mengenai tata cara mengerjakan salat saat berada di medan perang.
Dari video tersebut bukan dalam kondisi perang seperti digambarkan, namun berupa tutorial cara mengerjakan salat ketika berada di medan perang.

Video tutorial yang diterbitkan Telaga Biru Channel dari Malaysia tersebut, memang melibatkan para pemeran tentara asli dari Kerajaan Malaysia.
Video berjudul “Solat Medan: Modul Usfan” tersebut diterbitkan pada laman YouTube.
Dalam video juga disertakan tulisan mengenai syarat sah mengerjakan salat ini.
“Musuh datang dari arah kiblat dan di sana tidak ada penghalang antara musuh dan barisan tentara muslim,” tulis Telaga Biru Channel dalam keterangan video tersebut.
“Imam salat bersama tentara dalam “satu jemaah” saja. Tentara membuat 2 saf (atau 4 saf). Salat ini dilakukan dua rakaat.”
Pihak Telaga Biru Channel juga menjelaskan kalau video yang mereka buat untuk memudahkan pemahaman mengenai salat medan (Salat Khauf).

“Salat ini dilakukan ketika musafir yang bisa mengkhasar salatnya, dari empat rakaat menjadi 2 rakaat. Bila bukan musafir, maka mereka hendaklah melakukan salat mengikut rakaat yang ditetapkan, seperti biasa dengan kaidah solat medan ini,” lanjut mereka.
Telaga Biru Channel juga mencantumkan nama-mana tentara yang terlibat dalam pembuatan video klip tersebut.
Juga nama-nama kru yang terlibat, termasuk orang-orang yang menjadi konsultan mereka dalam membuat klip tata cara salat ini.
Selain membuat video klip "Solat Medan: Modul Usfan", di saluran YouTube mereka Telaga Biru Channel juga mengunggah beberapa video terkait tata cara salat saat berada di medan perang.


Syarat sah:

Musuh datang dari arah kiblat dan di sana tidak ada sebarang 
penghadang diantara musuh dan barisan tentera Muslim

1. Imam solat bersama tentera dalam “satu jamaah” sahaja.
2. Tentera membuat 2 saf (atau 4 saf).

Solat ini dilakukan dua rakaat:

1. Untuk memudahkan kefahaman tetang solat medan (solat Khauf)
2. Solat ini dilakukan ketika musafir yang dibenarkan untuk Qasar (4 rakaat dipendekan menjadi 2 rakaat)
3. Ia juga dilakukan untuk Solat Subuh.
4. Sekiranya tidak musafir, maka mereka hendaklah melakukan solat mengikut rakaat yang ditetapkan seperti biasa dengan kaedah solat medan ini.


ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Berbagi Ilmu...!!! Tata Cara Sholat Prajurit TNI di Medan Perang. LIHAT VIDEO NYA !!"

Posting Komentar